Zulkarnain (Iskandar Makduni) Usahanya Dalam Mempersatukan Timur dengan Barat

Monday, December 31, 2012 | comments


Postingan ini saya kutip dari sebuah buku milik ayah saya. Tetapi buku ini sudah jadul banget warnanya sudah kusam banget dan ditambah sampul depannya hilang. Judul bukunya adalah MUSHTHALAHU’L-HADIST oleh Drs. Fatchur Rahman (Dosen IAIN Sunan Kali Jaga – Yogyakarta) tetapi saya tulis menggunakan bahasa saya sendiri. Dan kisah yang saya ambil adalah tentang seorang raja yang bernama ZULKARNAIN (ISKANDAR MAKDUNI). Oke langsung aja…


Dia dilahirkan di Macedonia. Oleh Allah dia dikaruniai otak yang encer, pikiran yang panjang dan juga ilmu pengetahuan yang luas, semisal ilmu perang (militer), ilmu politik (pemerintahan) , ilmu teknik dan kimia.

Semenjak kecil, hatinya sudah tidak enak melihat perang yang selalu timbul antara Timur (Kerajaan Persia) dengan Barat (Kerajaan Rum). Yaitu perang yang telah berlangsung selama bertahun-tahun bahkan berabad-abad yang telah menewaskan ribuan manusia, merusak bumi dan menghancurkan banyak harta kekayaan.

Untuk mengatasi perang tersebut, dia mengiginkan  mendirikan sebuah kerajaan besar, yang meliputi timur dan barat.

Didalam dirinya sudah terdapat syarat-syarat untuk dapat merealisasikan cita-citanya tersebut. Ditambah dia orangnya baik, berakhlak  mulia, berilmu pengetahuan luas, telah dapat membawa dia sampai di pantai cita-citanya.

Mula-mula dengan tentaranya yang kuat, mereka munuju ke Barat (Magrib atau Maroko). Disitu didapatnya satu bangsa yang sangat ingkar, kerusakan dan kejahatan yang ditimbulkan sangat beasar. Bukan saja merusak bumi mereka juga suka membunuh oranag bahkan yang tidak bersalah sekalipun.

Sebelum bertindak Zulkarnain terlebih dahulu menadahkan tanggannya ke langit, memohon petunjuk dari Allah, tindakan apa yang sebaiknya dilakukan terhadap bangsa yang ingkar itu.
Allah memberikan dua pilihan dan menyruh Zulkarnain untuk memilih: Digempur habis-habisan, atau dihajar dan dididik dengan propaganda, agar mereka kembali kepada kebenaran.

Zulkarnain memutuskan, akan menggempur mereka yang durhaka dan melindungi orang-orang yang baik diantara mereka. Kepada bangsa itu Zulkarnain berkata: Siapa yang aniaya, akan kami siksa dan dikembalikan kepada Tuhan, agar Tuhan memberi siksa yang kebih berat lagi. Adapun orang-orang yang baik dan shalih, akan kami lindungi serta dibri ganjaran-ganjaran dan kepadanya kami hanya diperintahkan kewajiban-kewajiban yang ringan saja.

Lalu tentara bergerak, membunuh orang yang ingkar dan melindungi orang yang baik. Akhirnya negeri itu aman dan tentram, serta diatur sebaik-baiknya.

Karena kewajiban terhadap bangsa itu telah selesai, maka Zulkarnain dan tentaranya pergi dari sana dan menuju kea rah Timur (India). Dilihatnya bangsa yang masih hidup telanjang (Bangsa Hindustan).

Bangsa itupun berhasil ditaklukannya, diamankan, serta diatur sebaik-baiknya, sehingga setiap orang disana dapat dikeluarkan dari lembah kesesatan dan kejahilan.

Setelah itu mereka menuju ke Utara, ke negeri Armenia melalui Persia dan Azirbikhan. Dengan kemenangan-kemenangan yang dicapai, akhirnya dia sampai ditempat yang dituju. Didapatnya suatu bangsa yang hidup anatara dua buah gunung yaitu gunung Armenia dan gunung Azirbikhan. Zulkarnain tidak mengerti akan bahasa yang dipakai oleh bangsa itu. Didapati Zulkarnain hidupnya selalu dalam ketakutan, karena negeri mereka berbatasan dengan bangsa Yakjuj dan Makjuj yang terkenal kejam dan kuat. Buka 1X atau 2X saja, tetapi seringkali bangsa Yakjuj dan Makjuj dating menyerang mereka, menghancurkan apa saja yang didapatinya dan membunuh siapa saja yang dijumpainya.

Kedatangan Zulkarnain langsung disambut dengan gembira, dan Zulkarnain dimintai pertolongan untuk melindungi diri mereka dari seranga Yakjuj dan Makjuj. Mereka memmohon agar diantara negeri mereka dengan negeri Yakjuj Makjuj dipisahkan dengan dinding raksasa yang tidak dapat ditembus oleh siapapun, mereka sanggup membayar upah kepada Zulkarnain.

Zulkarnain mendengar permintaan itu, dan Zulkarnain berkata: “Saa tidak mengharap upah dari kamu. Nikmat dan pemberian Tuhanku adalah lebih berharga dari upah itu. Hanya kepdamu saya minta kaum pekerja dan alat-alatnya, besi, tembaga, batu arang dan kayu.

Stelah terkumpul, Zulkarnain dan Para Pekerja mulai bekerja. Pertama dinyalakan api dengan kayu dan batu arang, diambilnay besi , lalu dihancurkan dengan api itu. Hancuran besi itu dituangkan ditembaga, sehingga menjadi satu dengan besi tersebut. Dengan bahan campuran inilah didirikannya dinding raksasa antara negeri itu dengan negeri Yakjuj Makjuj, dinding besi raksasa tersebut tidak dapat ditembus dan dilobangi oleh siapapun.

Kepada bangsa itu Zulkarnain berkata: “Dinding ini adalah rahmat dari Tuhan kepadamu, hanya Tuhanlah yang dapat menembus dinding ini, bila dikehendakiNya.

Dengan jalan itu amanlah negeri tersebut dari Yakjuj Makjuj. Setelah itu Zulkarnain dapat menaklukkan negeri-negeri lainnya di Timur, di Barat, di Utara dan di Selatan, maka kerajaannya meliputi: Maroko, Rum, Yunani, Mesir, Persia dan India. Diaman penduduknya kini hidup dengana aman, tentram dan bahagia. Cita-cita Zulkarnain telah tercapai dengan bantuan Allah, karena dia selalu berlindung kepada-Nya.

Tetapi saying, setelah Zulkarnain wafat, kerajaan yang besar itu mulai terpecah belah karena perebutan kekuasaan para pengikutnya yang ditinggalkannya.

Zulkarnain, yang berarti raja Timur dan Barat, telah dapat mempersatukan kerajaan Barat menjadi suatu kerajaan yang adil dan makmur, berkat ilmu penegtahuannya, serat berkat dasar ketuhanan yang selalu dipegangnya teguh dalam mendirikan kerajaan besar tersebut.

Cita-cita Zulkarnain yang suci tersebut telah dinodai oleh penguasa sesudahnya. Tetapi pada saatnya nanti ciata-cita ini akan menjelma lagi serat menjadi kenyataan, sehingga akan berdiri sebuah negara  yang terdiri atas Timur dan Barat, yang adil dan makmur. Amin….!!!!

Oke, Sampai disini dulu. Semoga artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat buat kalian semua….
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. IRIDESCENT BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...