Manfaat Air Putih

Sunday, December 30, 2012 | comments



Dan dari air Kami jadikan segala sesuatunya hidup. Maka mengapa mereka tiada juga beriman???


Kalimat diatas merupaka kutipan arti dari Surat Al-Anbiya' ayat 30. Disana sudah sangat jelas sekali manfaat air, yaitu sebagai sumber kehidupan. Salah satu jenis air yang paling sering kita konsumsi adalah air putih. Dan disini saya akan menjelaskan beberapa manfaat air putih dalam pandangan islam.


Umumnya air putih diminum untuk melepas dahaga, tetapi sebenarnya rasa dahaga tersebut bukan patokan yang pasti mengenai kebutuhan tubuh akan air. Dr. James M. Rippe menganjurkan secara sadar untuk minum paling sedikit 1 L air lebih banyak daripada rasa dahaga kita.

Pengaruh suhu dapat juga menentukan kebutuhan air kita, misal: kita bejerja/kuliah di tempat ber-AC, dapat membuat kita cepat mengalami dehidrasi, apalagi jika ruangan yang kita pakai suhunya naik turun, ini dapat mengakibatkan kulit kta kering karena kelembapan yang tidak tentu, minum air putih sangat dianjurkan.

Untuk kalian yang lagi diet, lebih baik minum air putih dari pada minuman-minuman rendah kalori yang dijual dipasaran, minumlah satu atau dua gelas air putih akan membuat anda merasa agak kenyang jadi dapat menurunkan porsi makan.

Sebuah penilitian juga menyebutkan seorang dewasa yang minum delapan gelas atau lebih air putih sehari, dapat membakar kalori lebih banyak daripada mereka yang hanya minum kurang dari itu. Jadi sekali lagi minumlah air putih meskipun tidak merasa haus.  

Air putih juga dapat memurnikan tubuh manusia, sebab dengan minum air putih secara teratur dan benar usus besara dapat bekerja lebih efektif untuk membentuk darah baru. Dan juga kotoran tubuh akan cepat keluar dari urine, selain itu air juga tidak mengandung gula, kalori atau lemak sehingga menyehatkan.

Air putih juga dapat memperlancar sistem pencernaan, memperlambat zat-zat pemicu kanker, termasuk perawatan kecantikan. Jika ita kekurangan air putih kulit akan cepat kering dan berkerut. Hormon testosteron pada pria dan estrogen pada wanita juga dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi secara teratur air putih

Dan cara yang dianjurkan untuk minum air putih adalah, jangannlah minum air putih dengan berdiri, karena air yang masuk denga posisi badan berdiri tidak akan disaring oleh  sfringer . Rasulullah juga menganjurkan cara tersebut, dengan sabdanya.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya.” (HR. Ahmad no 8135)

Dan saat minum, jangan tiup minuman tersebut, jadi jika minuman tersebut panas tunggulah sampai cukup hangat tanpa meniupnya, karena jika ditiup maka secara otomatis gas H20 yang beracun akan menempel pada minuman tersebut. Rasulullah juga menganjurkan cara tersebut, seperti sabdanya.

Dari Ibnu Abbas, “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang untuk bernafas atau meniup wadah air minum.” (HR. Turmudzi no. 1888 dan Abu Dawud no. 3728, hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani)

Semoga Bermanfaat...!!! dan Sehat Selalu....!!!
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. IRIDESCENT BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...